The Peak 2nd journey

Lanjutan posting sebelumnya di Hong Kong Disneyland

Hari ini kami berencana pergi ke The Peak. Yep, salah satu ikon Hong Kong yang sayang untuk dilewatkan. Berhubung hari sebelumnya kami telah melatih kaki seharian di Hong Kong Disneyland, maka hari ini sengaja kami manfaatkan untuk bangun agak siang dan menikmati pagi di Hong Kong yang dingin melalui kamar di Imperial Hotel.

The Peak adalah tempat wisata yang menakjubkan. Bayangkan Puncak Pass di Bogor. Kurang lebih seperti itu, hanya ini jauh lebih mempesona. Dari The Peak, kita bisa melihat keseluruhan kota Hong Kong. Gedung pencakar langit, Victoria Harbour, Kowloon, serta hijaunya perbukitan. Serunya, untuk menuju ke sini jangan bayangkan jalan berkelok seperti di Puncak, tapi dengan Trem yang berjalan lurus mendaki dengan kemiringan hampir 45′!

Bagaimana? Membayangkannya saja sudah cukup menyenangkan, bukan?

Nah, untuk petualangan hari ini yang membutuhkan sedikit adrenalin, tentunya jangan lupa sarapan. Seperti hari-hari sebelumnya, ritual sarapan kami lakukan di Seven Eleven…

Setelah cukup kenyang, karena hari masih cukup pagi dan menunggu waktu keberangkatan ke The Peak, kami memutuskan kembali mengunjungi Avenue of Stars. Di Hong Kong ini, buat kami Avenue of Stars tak pernah membosankan. Suasananya tenang dan damai, udaranya yang segar, serta lalu lalang orang yang berolahraga menciptakan kesan tersendiri. Suasana terbuka yang sejuk dan cerah, semakin sempurna jika ditemani secangkir kopi, apalagi Starbucks…. Perfect!

avenue of stars

Saat matahari sudah agak tinggi, kami pun kembali ke hotel untuk bersiap pergi ke The Peak. Bermalas-malasan sebentar… Akhirnya baru pada sore hari kami mulai berangkat😛

Going to The Peak

Untuk menuju The Peak, kami tetap menggunakan MTR sebagai moda transportasi utama. Dari stasiun MTR Tsim Sha Tsui kami naik menuju ke MTR Central Station. Lalu ikuti petunjuk arah, keluar di Exit J2. Ikuti petunjuk jalan yang ada melintasi Garden Road yang terletak di antara Bank of China Tower dan Cheung Kong Centre. Seberangi jalan, ikuti petunjuk. Peak Tram Lower Terminus (Stasiun keberangkatan Peak Tram menuju The Peak) berada di kiri jalan.

papan petunjuk ke lower tram terminus

Ternyata antrian saat itu sudah cukup ramai. Untungnya tertib, sehingga tidak ada aksi dorong-mendorong. Ada beberapa macam paket tiket untuk menuju The Peak. Single Journey Ticket (tiket satu arah) dan Combo Ticket Tiket (Peak Tram (return)-Maddame Tussauds-Sky Terrace).

combo ticket

Daripada repot kami pun membeli Combo Ticket yang terdiri dari tiket PP The Peak Lower Terminus – The Peak + tiket masuk Maddame Tussauds Museum, dan tiket Sky Terrace. Sky Terrace adalah teras terbuka yang terletak di lantai paling atas dari The Peak Tower. Dari Sky Terrace kita bisa melihat Hong Kong dengan sudut 360′. Dan bagi kami tentunya balas dendam atas Sky Terrace gratis pada perjalanan sebelumnya.

Peak Tram

Inilah kali kedua kami menuju The Peak dan kali pertama naik Peak Tram. Peak Tram berupa dua gerbong trem yang berjalan di rel dengan lintasan menanjak hampir 45′ yang berangkat dari Lower Peak Terminus menuju The Peak Terminal. Sepanjang perjalanan kami melihat pemandangan Hong Kong yang beragam dengan sudut pandang miring dan kaki agak pegal. Yup, kebetulan saya tidak mendapat jatah tempat duduk karena penuh. Jadi selama kurang lebih 20 menit perjalanan, kaki terasa gemetaran. Tapi rasa gemetar itu kalah dengan takjubnya melihat pemandangan Hong Kong dengan kepala miring (kepala miring dalam arti sebenarnya).

miringnya peak tram

Peak Market at The Peak

Sampai di The Peak, kami disambut Peak Market yang menjual berbagai macam souvenir tentang The Peak. Mulai dari gantungan kunci, magnet kulkas, kaos, sendal,sepatu, hingga pajangan berbentuk ayam yang terbuat dari batu hias. Jika anda masih bisa sabar menahan keinginan berbelanja souvenir disini, alternatif lain untuk berbelanja souvenir dan oleh-oleh adalah night market di Mongkok.

Peak Market

Maddame Tussauds

Kembali di the Peak ini kami mengunjungi Madame Tussauds museum. Tinggal tunjukkan tiket combo yang sudah dibeli di lower tram terminus dan kami pun diperbolehkan masuk. Sekedar info, biasanya untuk waktu tertentu, ada beberapa patung lilin artis/tokoh terkenal yang jika kita ingin foto bersama harus membayar dan kita bisa mengambil hasil cetakannya sebagai kenang-kenangan.

royal family

Setelah puas berkeliling dan berpose bersama tokoh idola, di ujung jalan kita akan disambut dengan toko khusus souvenir Madame Tussauds. Harganya memang cukup mahal, tapi memang cukup layak untuk dibeli.

Sky Terrace

Selepas dari Madame Tussauds, berbekal tiket combo, kami pun segera melanjutkan penjelajahan The Peak menuju Sky Terrace. Sky Terrace adalah tempat tertinggi untuk melihat kemegahan Hong Kong dari atas The Peak. Dengan ketinggian 428 mdpl, Sky Terrace adalah tempat tertinggi dan terbaik dimana kita bisa melihat Hong Kong dari ketinggian yang menakjubkan dengan daya pandang seluas 360′. Seperti yang sempat saya abadikan di bawah.

Hong Kong view from sky Terrace

Bagi penggemar fotografi, Sky Terrace adalah tempat yang tidak bisa dilewatkan. Kita bisa melihat Hong kong dari segala sudut tanpa dihalangi apapun. Waktu terbaik mengunjungi Sky Terrace adalah sore hingga malam. Jika ingin lebih berkesan, kita bisa menerima tawaran untuk foto dengan latar belakang Hong Kong dari ketinggian, tentunya dengan membayar🙂 dan hasil fotonya bisa dicetak langsung sebagai souvenir.

Back to Peak Tram Lower Terminus

Puas menikmati Hong Kong dari ketinggian, kami pun memutuskan untuk kembali ke hotel. Kami segera turun ke lantai terbawah, mencari petunjuk arah menuju Peak Tram Terminal dan kembali mengantre untuk naik Trem menuju Lower Peak Tram Terminus. Dari situ karena hari sudah malam dan kaki pegal, kami memutuskan untuk naik taksi menuju hotel sekaligus menikmati Hong Kong city view di malam hari.

____________________________________________

Notes:

1. Untuk berhemat, belilah tiket combo jika ingin mengunjungi The Peak, Madame Tussauds Museum dan Sky Terrace dengan Peak Tram pp.
  2. Jika Peak Tram penuh, jangan memaksakan diri untuk masuk. Jika terpaksa masuk dan harus berdiri, berpeganglah pada pegangan yang tersedia.
  3. Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati The Peak adalah sore hari hingga malam.
  4. Bawa kamera yang bagus, sebab banyak objek foto disini.
  5. Untuk berfoto bersama, jangan malu minta tolong dengan turis lain untuk memfoto kita. Mereka biasanya bersedia kok🙂