Hong Kong Disneyland

Di hari ketiga ini, kami mengalokasikan seharian penuh bermain di HK Disneyland. Lelah perjalanan di Macau kemarin tidak menyurutkan niat dan semangat menuju ke HK Disneyland.

Tsim Sha Tsui – HK Disneyland

Sebelum berangkat, tetap yang utama adalah sarapan. Cukup bosan dengan menu sarapan swalayan di Seven Eleven, kami pun mencoba sarapan di McD. Yep, tenyata tidak jauh dari hotel, terdapat McD. Jadilah acara isi perut pagi itu dilakukan di McD.

Untuk menuju HK Disneyland, dari Tsim Sha Tsui, kita harus naik MTR menuju ke stasiun Lai King, lalu berganti jalur ke arah Tung Chung dan berhenti di stasiun Sunny Bay. Dari Sunny Bay ini, kita cukup menunggu kereta khusus ke Disneyland. Tak perlu takut salah naik, sebab kereta Disneyland ini mudah dikenali karena bentuk jendelanya berupa siluet kepala Mickey Mouse.

Setelah sampai, ikuti saja petunjuk arah yang akan membawa kita ke HK Disneyland. Tak lama kemudian kita akan sampai di gerbang masuk HK Disneyland. Berjalan agak jauh sedikit hingga bertemu kolam pancuran, lalu belok kiri. Dan sampailah di HK Disneyland. Oleh karena sebelumnya kami sudah membeli tiket HK Disneyland melalui Kiosk di Avenue of Stars, jadi kami tidak perlu antri tiket, melainkan cukup antri di pintu masuk pengecekan tiket dan tas. FYI, petugas tidak hanya mengecek tiket, akan tetapi juga mengecek tas dan barang bawaan. JIka kedapatan membawa makanan dan minuman, harus dihabiskan dulu baru boleh masuk. HK Disneyland memiliki kebijakan dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam lokasi. Untuk makan dan minum di lokasi tersedia kios makanan dan restoran (tentunya dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan membawa makanan dari luar).

“Here you leave today and enter the world of yesterday, tomorrow, and fantasy”

Begitulah yang tertulis di pintu masuk lokasi HK Disneyland. HK Disneyland terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu Main Street of USA, Tomorrow Land, Fantasy Land, dan Adventure Land. Segala macam informasi yang tersedia di berbagai bagian tersebut dapat dilihat dengan mudah di peta gratis yang bisa diambil di pintu masuk.

Mainstreet of USA

Mainstreet of USA merupakan tempat pertama yang akan kita jumpai begitu masuk ke HK Disneyland. Berlatar setting Amerika di jaman dulu, dengan jajaran toko souvenir, restoran, dan studio di kanan kiri jalan. Mainstreet of USA juga merupakan lokasi utama parade tokoh Disney dan kembang api. Beberapa tokoh Disney biasanya memasang stand khusus untuk berfoto gratis. Saat itu karena antrian foto cukup panjang, kami hanya berjalan melewati Main Street of USA dan langsung menuju ke Tomorrow Land.

Tomorrow Land

Seperti namanya, Tomorrow Land merupakan area dengan wahana berbau masa depan, scifi, dan high tech. Di Tomorrow Land ini, kami sempat bermain di wahana Buzz Lightyear Astro Blaster dan Space Mountain. Buzz Lightyear Astro Blaster merupakan wahana kereta indoor dengan atraksi menembak Zurg untuk mendapatkan poin. Sedangkan Space Mountain adalah indoor roller coaster bertemakan ruang angkasa yang gelap berhiaskan bintang. Di Space Mountain juga disiapkan foto candid kita saat menikmati wahana yang dapat diambil dengan membayar tergantung ukuran foto. Saat itu kami membayar satu foto sebagai kenang-kenangan.

Fantasy Land

Beralih dari Tomorrow Land, kami langsung menuju ke Fantasy Land. Disini kami sempat menikmati Golden Mickey, It’s a Small World, dan 3D Mickey Philharmagic: Donald Duck Show. Golden Mickey merupakan pertunjukan musikal tokoh Disney yang sangat menghibur dan menarik. It’s a Small World merupakan wahana istana boneka versi Disney. Sedangkan 3D Mickey Philharmagic: Donald Duck Show merupakan pertunjukan film tentang Donal Bebek dengan efek 3 dimensi yang menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan. FYI, perhatikan jam tayang pertunjukan tersebut agar tidak antri terlalu lama dan mendapat tempat duduk.

Adventure Land

Dari Fantasy Land kami melanjutkan permainan ke Adventure Land. Di sini kami sempat menikmati perjalanan sungai dengan Jungle River Cruise. Menyusuri sungai seolah berada di Amazon, lengkap dengan spesial efek suku pemburu, buaya yang tiba-tiba menyergap, gajah mandi, hingga letusan gunung berapi. Cukup menghibur dan menyegarkan (karena cipratan air).

Dan wahana Jungle River Cruise itu pun menutup kesenangan kami di HK Disneyland. Hari sudah mulai gelap, namun suasana semakin ramai karena sebentar lagi akan ada parade karnaval tokoh Disney di Mainstreet of USA. Sayangnya, karena sesuatu hal, kami harus segera kembali ke hotel.

Well, seharian di HK Disneyland ternyata terasa masih kurang. Apalagi kami tidak sempat menikmati semua wahana yang ada karena terbentur waktu dan antrian panjang. Meskipun begitu, beberapa oleh-oleh magnet, frame foto, dan koin emas Disney sudah cukup mengingatkan kami akan kesenangan di HK Disneyland. Lain kali jika ada kesempatan, kami akan bermain sampai malam di sini. Semoga!

____________________________________________

Notes:

1. Berangkatlah pagi-pagi agar bisa menikmati semua wahana.
  2. Meskipun kebijakan tidak boleh membawa makanan dan minuman diharuskan di HK Disneyland, kadang ada beberapa petugas yang membolehkan membawa makanan kecil dan air mineral ke dalam lokasi.
  3. Jangan lupa ambil peta lokasi dan perhatikan simbol dan legenda untuk setiap wahana. Sebab,ada beberapa wahana yang tidak membolehkan anak kecil masuk.
  4. Jika ingin souvenir murah, siapkan koin 10 HKD dan carilah mesin press koin di peta. Datangi lokasi mesin press tersebut, masukkan koin, putar tuas, dan keluarlah lempengan koin emas bergambar tokoh Disney.

2 thoughts on “Hong Kong Disneyland

1. assalamualaikum asyiiknya,aku suami dan anakku mau ksana lagi cari tiket promo,klo boleh tau waktu itu naik penerbangan apa n brp rate hrg tiketnya?