One Day @Tsim Sha Tsui, Kowloon

…Sambungan dari postingan sebelumnya yang tertunda. Sorry for the inconvenience. Hope you’ll enjoy the read…!

Backpackeran part 2 di HK-Macau ini kami menginap di lokasi yang sama, yaitu Tsim Sha Tsui. Kami tiba di Bandara Internasional Chek Lap Kok hampir tengah malam waktu setempat. Setelah hampir satu jam mengurus imigrasi dan tetek bengek lainnya, kami segera mencari taksi menuju TST. Meski sempat bingung mencari arah menuju taksi dan cara berkomunikasi, apalagi ini merupakan kali pertama kami ke HK lewat Bandara Chep Lak Kok (sebelumnya via Macau), kami tetap bisa sampai ke TST berkat bantuan petugas informasi. Yep, di Chep Lak Kok, petugas informasi selalu siaga membantu. Berkat tulisan Mandarin dari petugas yang kami tunjukkan ke supir taksi, sampailah kami di TST.

Imperial Hotel

Sekitar jam 2 pagi kami tiba di Imperial Hotel. Sedikit basa-basi, cek n ricek data, check in pun selesai. Petugas hotel mengantarkan kami hingga ke kamar. Tanpa tunggu lama, kasur empuk dan AC langsung membuat kami terlelap. Pegal dan penat 5 jam perjalanan Mandala Air kami balas dengan tidur nyenyak. Charging tenaga untuk perjalanan besok.

FYI, kamar di Imperial hotel ini lumayan nyaman dan luas. Berbeda sekali saat kami menginap di Chungking Mansion. Kamar mandi dalam dengan bathtub, kasur besar dan empuk, dan yang pasti berjendela. Terdapat lemari penyimpanan dan air mineral botolan dilengkapi dengan tea & coffee maker. Nice…

Breakfast @7 eleven

Well, nothing is free in Hongkong. Imperial Hotel tidak menyediakan sarapan pagi. Tapi mereka menyediakan pintu akses khusus menuju Ootoya Restaurant yang terletak di sebelah Imperial Hotel plus harga diskon bagi pengunjung hotel. Demi menghemat waktu dan HKD, pagi-pagi buta sekitar pukul 9 waktu setempat,  kami memilih sarapan di Seven Eleven yang letaknya tidak jauh dari hotel. FYI, Seven Eleven di HK adalah semacam minimart seperti Indomaret dan Alfamart, bukan seperti Seven Eleven di Jakarta yang ada tempat nongkrongnya.

Bagi yang bingung bagaimana cara sarapan di Seven Eleven HK, berikut langkah-langkahnya:

1. Pergilah menuju rak makanan siap saji, pilih salah satu yang kamu suka. Perhatikan komposisi dengan membaca dari kemasan. Jika kamu muslim, cari yang tidak mengandung Pork.
  2. Bayar di kasir dan jangan lupa minta kemasan makananmu disobek sedikit. Jangan lupa juga untuk meminta sendok dan garpu plastik.
  3. Pergilah menuju bagian oven. Panaskan makanan sesuai dengan petunjuk di kemasan. Tunggu beberapa saat.
  4. Voila…! Your breakfast is ready.
  5. Kenyang? Jangan lupa buang kemasan di tempat sampah yang disediakan.
Untuk sekali sarapan di Seven Eleven, biaya sekitar 8-12 HKD. Jika nekat sarapan di Restoran, paling tidak bisa menghabiskan minimal 50 HKD/orang.

Avenue of Stars

Dari Seven Eleven, dengan tenaga dari sarapan, kami melanjutkan jalan kaki beberapa menit menuju Avenue of Stars. Pagi itu, cuaca HK cukup cerah dan sedikit dingin. Dari jauh, kawasan HK Island dengan gedung menjulangnya terlihat jelas. Berbeda sekali dengan perjalanan kami sebelumnya yang berkabut. Bahkan saat itu kami bisa melihat The Peak Tower dari jauh. Seperti turis pada umumnya, kami kembali menyusuri Avenue of Stars, menikmati dan menyesap segarnya udara pagi dalam simponi angin dan gelombang laut. It’s Very relaxing….

Bagi penikmat kopi, tak perlu kuatir. Starbucks outlet tersedia di ujung Avenue of Stars. Rileks sejenak menikmati udara laut dan secangkir kopi nikmat tentunya merupakan sensasi yang menghanyutkan bukan?

Di Avenue of Stars ini, kami membeli one day pass HK Disneyland untuk keesokan harinya. Yep, berdasarkan informasi yang kami dapatkan, tiket HK Disneyland selain dapat dibeli secara online dan langsung di lokasi, juga dapat dibeli di Kiosk yang tersebar di Avenue of Stars. Harga tiket dewasa HKD 399 (sekitar Rp 400rb). Nah, daripada antri lama di lokasi, kami memilih membeli di Kiosk, dan besoknya tinggal langsung masuk tanpa antri. Lebih hemat waktu dan dapat pin pula🙂.

Berkunjung ke Avenue of Stars tak lengkap tanpa berfoto dengan cetak tangan artis ternama HK atau berfoto dengan latar belakang pemandangan laut dan Bank of China Tower di HK Island. Bagi yang tidak sabar dan ingin melihat hasilnya langsung, bisa menggunakan jasa tukang foto seperti yang kami lakukan. Dengan 80-100 HKD untuk beberapa kali pengambilan lalu dipilih mana yang terbaik untuk dicetak. Tidak murah memang, tapi hasilnya lumayan untuk kenang-kenangan.

Clock Tower & HK Space Museum 3D Show

Puas berkeliling Avenue of Stars, kami pun menuju Clock Tower yang merupakan salah satu menara jam bersejarah di HK. Ikuti saja petunjuk arah untuk menuju ke sini. Sepanjang perjalanan menuju Clock Tower, banyak museum yang bisa kita kunjungi, misal: HK Museum of Art maupun HK Space Museum. Jika membawa anak kecil, cobalah berkunjung ke HK Space Museum, dan tontonlah salah satu pertunjukan 3D disana.

Dari Clock Tower kami berbalik arah menuju HK Space Museum lalu menonton pertunjukan 3D: Under The Sea. Lumayan keren dan bikin ngantuk🙂. Puas menonton dan melihat suvenir, perjalanan kami selanjutnya adalah Kowloon Park.

Berbekal peta dan sedikit ingatan dari perjalanan sebelumnya, kami menyusuri jalan dan akhirnya berhenti di McD Peking Rd. untuk makan siang. McD di HK tidak menyediakan nasi. Sebagai pengganti nasi adalah Hash Browns (sejenis filet kentang). Lumayan mengenyangkan dan bisa menambah tenaga berjalan kaki ke Kowloon Park.

Kowloon Park

Seperti perjalanan kami sebelumnya di Kowloon Park, Maze Park merupakan tempat favorit untuk menikmati udara HK di sore hari. Kowloon Park merupakan oase yang menyejukkan di tengah hiruk pikuk kota. Sebuah paru-paru kota yang layak dikunjungi. Hari ini Kowloon Park menjadi tujuan dan tempat istirahat kami sebelum kembali ke hotel. Letaknya dari hotel tidak begitu jauh. Hanya berjalan kaki beberapa menit, sampailah di hotel.

Malamnya kami kembali menyusuri Nathan Rd. untuk mencari makan malam, dan akhirnya setelah keluar masuk restoran yang full, kami pun mengisi perut di Tung Yuen Seafood Restaurant yang letaknya tidak terlalu jauh dari hotel.

__________________________________________

Notes:

1. Dari Bandara Chek Lap Kok, carilah taksi berwarna merah untuk menuju Kowloon. Taksi di HK dibedakan menurut warnanya. Jangan sampai salah naik. Untuk jam sibuk dan malam hari biasanya dikenakan charge lebih, siapkan dana yang cukup.
  2. Jika berencana mengunjungi HK Disneyland, belilah tiket sebelumnya via online atau melalui Kiosk demi kenyamanan.
  3. Jika ingin makan lebih irit lagi, sarapan di Seven Eleven dan belilah roti untuk makan siang. Untuk makan malam bisa ke Seven Eleven lagi. Bagi yang muslim, perhatikan komposisi di kemasan apakah mengandung pork atau tidak.
  4. Bawalah botol minum dan pakailah sepatu yang nyaman jika berencana melakukan walking tour.
  5. Jangan ragu menggunakan isyarat tangan jika saat memesan makanan di restoran atau Seven Eleven pelayannya kurang paham bahasa Inggris.
  6. Foto-foto berkaitan postingan ini akan diupload nanti.

3 thoughts on “One Day @Tsim Sha Tsui, Kowloon

1. Pingback: Hong Kong Disneyland | esumpelo

2. heloow… di Imperial Hotel per night berapa IDR ya? trus kalau ke daerah Times Square atau causeway bay jauhkah? thank you ^_^

• halo juga… Imperial Hotel rate per malam cukup mahal, kisaran 1jutaan… tergantung seasonnya.. bisa book vie webnya atau via agoda, booking.com, dll. Meskipun lumayan mahal, lokasi sangat strategis, dekat ke stasiun MTR Tsim Sha Tsui, Avenue of Stars, Nathan Road, Kowloon Park… kalo untuk ke Times Square atau Causeway Bay, gak terlalu jauh, cuma 3 staisun dari Tsim Sha Tsui…

semoga bermanfaat dan trims sudah berkunjung😀