Beryl’s Chocolate

Ngaku penggemar cokelat?

Buat kamu yang ngaku penggemar cokelat tentu tak asing lagi dengan yang namanya Silverqueen ataupun cokelat berlabel Delfi dan Cadburry. Memang, sebagian besar produk cokelat yang kita nikmati seringkali berasal dari dua label tersebut. Dari berbagai macam rasa dan varian dapat kita jumpai di supermarket hingga toko pinggir jalan.

Tapi pernahkah kamu mendengar cokelat Beryl’s?

Beryl’s merupakan label produk cokelat asal negeri jiran, Malaysia. Memang, jika selama ini kita boleh geram dan gemas akan beberapa tingkah laku mereka yang memancing kontroversi, kali ini boleh lah kita sedikit merasakan salah satu ’kemanisan’ mereka. Paling tidak melalui cokelat ini, kita bisa melupakan sejenak kontroversi diantara Indonesia dengan Malaysia dan terlarut dalam nikmatnya ’little brown devil’ ini. Yuk, mari…


Cokelat Beryl’s yang saya sempat beli di Central Market sebagai oleh-oleh dari KL trip kemarin hanya 3 jenis, yaitu cokelat batangan (Camior), cokelat mini (Mint & Bitter), dan cokelat permen (Tiramisu). Konon, di asalnya sana, sebenarnya masih tersedia banyak jenis yang lain. Namun karena karena sepertinya akan sedikit merepotkan jika membawa cokelat terlalu banyak, maka saya hanya membeli sedikit saja.

Beryl’s Tiramisu Chocolate


Cokelat ini dibungkus dalam kotak seukuran disket. Di dalamnya terdapat beberapa bungkus cokelat kecil (praline) dengan warna dominan merah kecoklatan. Begitu dibuka, ternyata cokelatnya kecil, berbentuk kotak-kotak (praline) . Saat dipegang, coklatnya tidak cepat lumer karena dilapisi bubuk coklat dan kopi. Saat dimakan, rasa yang dominan adalah pahit. Tapi lama kelamaan rasa pahit berganti dengan rasa manis tiramisu. Ternyata rasa pahit tadi berasal dari bubuk cokelat dan kopi yang melapisinya. Saat pahit hilang, lama kelamaan rasa manis tiramisu coklat akan menjalar di lidah. Secara keseluruhan rasa dari coklat ini lumayan enak. Agak pahit di awal, lalu manis dan lembut di akhir.

Beryl’s Mint & Bitter Chocolate


Seperti Beryl’s Tiramisu, Beryl’s Mint & Bitter ini pun berbentuk kotak-kotak kecil (praline). Tapi Mint & Bitter ini dikemas tanpa bungkus, namun tertata dalam kotak kecil dilapisi plastik. Kemasannya hampir sama dengan Beryl’s Tiramisu, hanya agak lebih tipis. Soal rasa, menurut saya ini yang paling enak. Campuran segar dan dingin mint dipadu dengan manisnya cokelat.. Dingin-dingin manis. Warna hijau pada bagian atas cokelat merupakan rasa mint, dan warna cokelat di bagian bawah adalah rasa manis cokelat.

Camior


Untuk jenis ini, terdiri dari rasa bittersweet dan rasa hazelnut. Berbentuk batang seperti cokelat pada umumnya, kedua varian Beryl’s dengan label Camior ini rasanya cukup enak. Hanya saja, bagi yang kurang menyukai rasa pahit cokelat mungkin varian bittersweet terasa kurang cocok. Bagi yang terbiasa menikmati Delfi, Cadburry, maupun Silverqueen, tentu akan lebih cocok dengan varian Hazelnut dimana rasanya tidak terlalu berbeda dengan ketiga merk cokelat tersebut.

Sebenarnya, ketiga varian cokelat diatas tidak terlalu istimewa. Terlebih jika lidah kita sering dijejali manis dan lembutnya Silverqueen atau Delfi maupun Cadburry. Tapi demi pengalaman lidah, tentunya ketiga cokelat di atas layak untuk dicoba. Karena selain varian rasa yang sukar kita temui di sini, untuk mendapatkannya pun kita harus ke Malaysia dulu, kecuali ada yang berbaik hati memberikannya sebagai oleh-oleh.

So bagi penggila cokelat, sudikah anda ke Malaysia?

6 thoughts on “Beryl’s Chocolate

  1. hiiii….

    aku sudi ke Malaysia tapi cuman transit di airport doang! hahaha!
    aku sering banget beli cokelat beryl’s.. murah meriah buat oleh-oleh!
    dan rasanya juga asikkkkk…..🙂

  2. enakan mana sama cadbury? aku penggemar cadbury🙂 dan lebih gemar lagi Hersey’s.. coba deh.. enak banget, langsung lumer di lidah..

    • kalo menurut saya enakan cadburry deh… hehehe… hersey’s juga. cuma yg namanya mengunjungi tempat baru gak afdol tanpa nyobain yg khas… hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s