Prepare Your Camera!

Say Cheeseee….🙂

Libur telah tiba! Saatnya mengistirahatkan diri dan memberi reward atas semua usaha yang telah dicapai dengan berlibur. Bagi kebanyakan orang, waktu berlibur adalah waktu untuk menjelajah keluar kota. Waktu untuk melupakan sejenak kemacetan kota. Saat untuk merasakan pengalaman baru!

Canon Ixus 80 IS

Canon Ixus 80 IS

Dan tentu saja, setiap momen dalam liburan tak ingin kita lupakan begitu saja bukan? Untuk itulah kita perlu kamera untuk mengabadikannya. Karena tujuannya untuk berlibur, sebaiknya kita membawa jenis kamera saku digital (Pocket Digital Camera) agar memudahkan mobilitas. Saat ini, begitu banyak merk kamera saku digital yang menawarkan berbagai macam fitur andalan. Sebut saja Canon, Kodak, Nikon, Olympus, Pentax, Sony, Panasonic, maupun merk lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Nah, sebelum berangkat berlibur, kita perlu mempersiapkan kamera agar dapat digunakan tanpa gangguan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk kamera:

  • Periksa fungsi kamera. Cobalah lakukan pemotretan sembarang dengan menggunakan berbagai mode yang tersedia (night, panoramic, cloudy, indoor, dll). Hal ini berguna untuk mengetahui apakah kamera masih berfungsi dengan baik.
  • Cek keadaan lensa. Jika lensa terlihat buram dan agak kabur, sebaiknya segera bersihkan dengan perangkat pembersih khusus lensa yang dapat menghilangkan bekas sidik jari, debu, dan kotoran lainnya. Gunakan perangkat pembersih yang lembut agar tidak meninggalkan goresan dan cacat pada lensa. Hindari penggunaan alkohol maupun cairan kimia pembersih gelas.
  • Cek ketersediaan daya baterai. Jika daya baterai lemah atau tinggal sedikit, segera pakai kamera hingga kosong lalu charge kembali hingga penuh. Pengisian daya baterai saat belum kosong dapat berakibat buruk pada daya tahan baterai. Ada baiknya juga jika kita membawa baterai cadangan dan charger.
  • Cek kapasitas kartu memori. Sebaiknya sebelum berlibur, kosongkan kartu memori. Pindahkan semua file foto dalam komputer dan simpan dalam hard disk eksternal sebagai back up. Membawa kartu memori cadangan juga bisa dipertimbangkan seandainya nanti kita berencana mengambil foto yang banyak dengan ukuran yang besar.
  • Bawalah tripod jika memang dibutuhkan. Sebagai informasi, sebagian besar kamera saku digital sekarang sudah dilengkapi dengan fitur image stabilizer. Jika dianggap masih kurang, berarti tripod memang perlu dibawa.
  • Gunakan tas kamera untuk melindungi kamera anda.

Demikian tips persiapan kamera. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s