Merencanakan Perjalanan Ke Luar Negeri

Ndak perlu mahal jalan-jalan ke luar negeri..

Melanjutkan postingan mengenai pembuatan paspor sebelumnya, maka di postingan ini saya akan berbagi sedikit mengenai merencanakan perjalanan ke luar negeri.

Sebenarnya tak harus membuat paspor dulu, bisa saja sebelumnya kita merencanakan akan pergi kemana, kemudian menentukan biaya beserta akomodasi maupun hal lain. Paspor bisa dibuat setelah semua perencanaan selesai. Apalagi jika membuat paspor di Kantor Imigrasi yang sudah menetapkan waktu yang pasti, yaitu selama 5 hari kerja (dengan catatan, semua berkas lengkap).

travelling around the world

travelling around the world

Seperti biasa, dalam setiap perjalanan, hal yang paling krusial adalah mengenai transportasi. Kapan? Naik apa? Berapa tiketnya? Mengenai masalah ini, sebenarnya beberapa tahun belakangan, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan dengan tiket yang murah. Tentu saja untuk mendapatkan tiket yang murah, kita harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelumnya. Semakin cepat melakukan pemesanan, semakin murah harga tiketnya. Mungkin saja untuk mendapatkan harga tiket yang super murah, kita harus melakukan pemesanan satu tahun sebelumnya. Salah satu maskapai penerbangan (yang saat ini sangat populer di kalangan backpackers) adalah Air Asia. Sebenarnya selain Air Asia, banyak pula maskapai lain yang menawarkan sistem yang sama, akan tetapi (sepertinya) hanya Air Asia yang sangat jeli melakukan terobosan dalam hal promo (Free Admin Fee dan No Fuel Surcharge!) maupun penawaran menarik bekerjasama dengan jaringan hotel dan penginapan di seluruh dunia. Yang dimana semuanya itu tentu saja memudahkan setiap orang untuk merencanakan perjalanannya.

Untuk mendapatkan keuntungan dan kemudahan tersebut, sebaiknya kita bergabung menjadi member komunitas online maskapai penerbangan tersebut, supaya jika ada promo maupun penawaran lain kita bisa mengetahuinya lebih dulu. Kemudian, lakukanlah pemesanan online jauh hari sebelumnya, sebab setiap waktu harga akan berubah tanpa kita ketahui.

Kemudian masalah lain yang menjadi beban pikiran bagi setiap orang yang merencanakan perjalanan liburan ke luar negeri adalah masalah biaya (jelas sekali!). Mengenai mahal atau murah, sebenarnya itu relatif. Tergantung pada setiap individu, apakah dalam perjalanan tersebut ingin merasakan keamanan dan kenyamanan yang bisa merogoh kocek dalam-dalam atau cukup dengan mengeluarkan uang yang lebih sedikit tapi memperoleh keamanan dan kenyamanan yang hampir sama? Jika anda termasuk orang yang memilih pilihan pertama, tentu lebih bijak jika anda merencanakan perjalanan dengan bantuan agen travel / tours. Dimana semua aktivitas, jadwal, dan lokasi yang akan dikunjungi telah diatur dengan sedemikian rupa demi keamanan dan kenyamanan anda. Tak perlu lagi pusing memikirkan mau kemana di negara A, mau kemana di negara B, atau mau menginap di hotel apa, dan lain sebagainya. Tentu saja, untuk itu, biaya yang harus dikeluarkan akan jadi lebih mahal daripada merencanakan perjalanan sendiri.

Lain halnya jika semua detail perjalanan kita rencanakan sendiri. Tentu banyak biaya yang masih dapat dihemat untuk sekedar membeli souvenir, cinderamata, maupun oleh-oleh untuk teman dan kerabat bukan? Oleh karena itu, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, kita perlu mencari informasi yang berkaitan dengan tujuan/negara yang akan kita kunjungi. Apakah itu mengenai lokasi wisatanya, hotelnya, makanannya, bahasanya, kebiasaannya, hingga ke masalah jalur transportasinya. Untuk itu, internet dapat kita manfaatkan. Sudah banyak situs/web yang membahas mengenai perjalanan ke seluruh dunia (misal: Lonelyplanet). Pun tak hanya itu, banyak pula Blogger yang menuliskan kisah perjalanan mereka dalam blognya. Yang tentunya semua itu merupakan sumber informasi yang berharga bagi kita dalam merencanakan perjalanan.  Catat hal yang penting dan perlu, terutama mengenai lokasi dan jalur transportasi, agar kita tidak (harus) tersesat nantinya. Setelah semua informasi yang penting telah didapat,  segera rencanakan anggarannya. Sebaiknya dalam mencatat anggaran agar dilebihkan untuk berjaga-jaga jika kehabisan uang (tidak ada hal yang pasti di dunia ini, bukan?). Tips lain yang bisa berguna adalah, tukarkan uang kita di dalam negeri, jangan di negara tujuan. Sebab mata uang Rupiah jika ditukarkan di luar negeri, nilai tukarnya akan sangat jatuh. Untuk itu, kita perlu juga mengetahui di Money Changer mana yang memberikan rate nilai tukar paling menguntungkan.

Setelah selesai merencanakan transportasi, biaya, dan informasi negara tujuan, kita harus menentukan apa saja yang akan kita bawa. Semakin efektif dan efisian barang dan perlengkapan yang akan dibawa, tentunya akan semakin memudahkan mobilitas kita. Tentunya dalam perjalanan liburan di luar negeri, kita tak mau hanya menghabiskan waktu di kamar hotel bukan? Oleh karena itu, manajemen pengepakan barang diperlukan agar setiap barang yang kita perlukan dapat dibawa (terlebih lagi bagi wanita). Jangan lupa untuk membawa kamera agar kita dapat mengabadikan setiap momen dan lokasi yang kita kunjungi. Selain itu, pakailah koper / tas yang mampu menampung bawaan kita. Jangan sampai kapasitas tidak muat tetapi tetap dipaksakan.

Sekedar informasi, semoga link di bawah ini bisa berguna dalam merencanakan perjalanan ke luar negeri anda:

http://www.lonelyplanet.com/ –> referensi tujuan di berbagai belahan dunia

http://www.indobackpacker.com/ –> komunitas backpackers Indonesia

http://www.airasia.com/ –> maskapai penerbangan murah

http://www.hostelworld.com/ –> informasi penginapan murah

Kiranya untuk saat ini, hanya tips tersebut yang dapat saya bagikan. Jikal ada tips lain, kiranya bisa saling berbagi (di kolom komentar).

Semoga bermanfaat…

NB: gambar dipinjam dari Google…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s